Blog

Belajar Kehidupan di Ruang Mitologi Yunani & Romawi

Teori asal muasal dunia dan manusia bertebaran dalam mitologi Yunani dan Romawi. Terlepas dari sepakat atau tidak, menyimak mitologi dan legendanya membuat imajinasi kita mengelana ke dunia para dewa. Sebuah dunia yang aneh, tetapi juga menghibur dan layak dikenali. Terlebih lagi, banyak kisah yang menakjubkan antara manusia, alam semesta, dan para dewa.

Ya, Yunani dan Romawi  tidak saja kaya akan pemikir dan filsuf. Di sana juga memiliki segudang mitologi dengan tokoh utama para dewa yang melegenda.  Sebutlah Cronus, Hera, Helios, dan Zeus yang kisah-kisahnya banyak diadopsi ke dalam naskah drama, cerpen, film, dan dibukukan. Begitu pun dengan kisah seorang dewa di bawah ini.

Zeus adalah dewa pemimpin alam semesta, penguasa bumi dan langit yang memilik empat arti bagi bangsa Yunani. Pertama, sebagai dewa dari seluruh fenomena udara; kedua, sebagai perwujudan dari hukum alam;  ketiga, sebagai dewa kehidupan; dan keempat sebagai bapak para dewa dan manusia.

Buku Kumpulan Mitologi dan Legenda Yunani & Romawi banyak mewariskan khasanah dan kekayaan kebudayaan Yunani dan Romawi yang masih awet dikenal hingga saat ini. Buku ini menggambarkan mitologi dan legenda Yunani dan Romawi secara detail. Dalam buku terbitan Bukune ini kamu akan menjumpai profil-profil para dewa, dari asal usul, kisah hidupnya, pekerjaannya, tempat tinggal, dan tempat pemujaan dewa. Ditambah lagi drama kehidupan para dewa dan manusia setengah dewa yang menarik untuk diikuti.

E. M Berens menyebutkan dalam pengantarnya bahwa para dewa memiliki penampilan menyerupai mahluk hidup, namun keindahan, keagungan, kekuatan jauh melampaui makhluk hidup lainnya. Mereka menyerupai manusia dalam hal perasaan dan kebiasaan, menikah dan mempunyai anak, dan membutuhkan makanan setiap hari untuk mendapatkan kekuatan, serta mereka pun perlu tidur untuk mengembalikan energi. Darah mereka, cairan halus cerah yang disebut Ichor, tidak pernah menimbulkan penyakit, dan memiliki kekuatan untuk menghasilkan kehidupan baru apabila tumpah.

Membaca buku ini, kita belajar banyak dari hubungan manusia, alam, dan sang pencipta. Keharmonisan, kekacauan, sifat-sifat para dewa, kehancuran, hingga kasih sayang. Buku ini tidak saja menguraikan mitologi, namun banyak sekali hikmah dan inspirasi menarik yang bisa kita petik dari sebuah panggung kehidupan yang bernama legenda dan mitologi.

Anda tidak saja mengenal bagaimana zaman keemasan digambarkan di muka bumi. Namun kisah di zaman yang serba susah pun didedahkan Berens dengan penuh daya tarik. Layaknya sebuah kamus, buku ini bisa menjadi referensi penting buat para pendongeng, guru, dosen, mahasiswa, kutu buku, dan apa pun latar profesi Anda. Mari belajar kehidupan dari sekolah yang bernama mitologi Yunani dan Romawi.

Selamat membaca dan menikmati dunia mitologi, sebuah dunia yang sayang bila terlewati.  

bukune di shopee