Blog

Tip Sukses menjadi Games Maker

Percaya atau tidak, perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, telah memasuki hampir seluruh aspek kehidupan termasuk bisnis. Yup, dengan segala kelebihannya, internet bisa menjadi media yang cukup menguntungkan dalam menjalankan bisnis.

Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis toko online saat searching di internet. Melalui internet, kita nggak hanya bisa menjual bisnis ataupun jasa, tetapi juga keahlian khusus seperti games maker.

Seperti kita ketahui, bisnis game online memang sedang marak di kalangan remaja saat ini. Itu artinya, peluang bagi kamu yang mampu membuat game secara online sangat terbuka juga.

Kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang freelance games maker adalah mengerti dan menguasai aplikasi Flash, teknik animasi, dan alogaritma pemrograman games. Akan sangat baik jika kamu juga menguasai desain grafis dan pengolahan gambar, sehingga dapat membantu kamu dalam membuat karakter dan gambar pendukung games lain-lain.

Setelah games flash berhasil dibuat, kamu harus proaktif menawarkan games tersebut ke pihak-pihak yang membuka peluang untuk menjadi sponsorship untuk aplikasi games flash tersebut. Di internet terdapat banyak sekali pihak yang bersedia menjadi sponsor untuk sebuah games flash. Kamu dapat menggunakan kata kunci ‘flash games sponsorship’ di mesin pencari seperti Google, untuk mencarinya. Beberapa di antaranya dapat kamu temukan di alamat situs:

•    Armorgames.com/page/sponsorship
•    Arcadecabin.com/page-sponsorship.html
•    Flashgamelicense.com

Nilai sponsorship yang dapat kamu peroleh untuk sebuah games flash sangat bervariasi. Armorgames.com biasanya menawarkan antara $1,500 – $7,000, bahkan lebih tergantung dari kualitas games flash tersebut.

Berikut adalah tip sukses menjadi games maker.

  1. Buat games yang banyak disukai orang, mudah dimainkan, dan memiliki nilai jual untuk mendapatkan sponsorship. Kamu dapat mengamati dan mempelajari jenis-jenis games flash yang sudah ada dan tersedia secara gratis di internet.
  2. Proaktif dalam mencari sponsorship untuk games flash yang kamu buat. Semakin banyak penawaran yang kamu ajukan, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan sponsor. Jika sudah terjalin kerjasama yang pertama, maka untuk kerjasama selanjutnya akan lebih mudah.
  3. Aktif di forum games dan komunitas flash dapat membuat kamu selalu update tentang informasi games terbaru dan teknologi animasi atau flash terkini.

Menjadi games maker hanyalah salah satu peluang bisnis secara online yang bisa kamu lakukan. Jika kamu tertarik untuk mencoba bisnis lainnya, Bukunè memberikan beberapa refrensi terbaiknya melalui buku Peluang Usaha Online yang ditulis oleh Wikan Pribadi, S. TP, M. Kom.

Melalui buku ini, kamu bisa menemukan banyak peluang bisnis secara online, di antaranya blog developer, content writer, themes/templates maker, banner & logo maker, hingga e-book tutorial maker. Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan gambaran mengenai peluang usaha freelance di internet, strategi, dan kiat sukses bisnis online.

bukune di shopee