Blog

Mengenal Profesi Jurnalistik

Banyaknya jenis pekerjaan yang ada terkadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan surat lamaran ada baiknya kita mengetahui dengan pasti pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita.

Melamar pekerjaan memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Idealnya, pekerjaan yang dipilih bisa sesuai dan sejalan dengan keahlian dan kemampuan kita. Nah, agar nggak salah pilih pekerjaan, ada baiknya kamu mencari tahu dulu jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan.

Kamu bisa memulainya dari sesuatu yang kamu sukai. Misalnya kamu merupakan orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi, suka jalan, dan tertarik dalam dunia jurnalistik, maka nggak ada salahnya kalau kamu memilih jurnalis sebagai profesi.

Jurnalis merupakan orang yang nulis atau bikin berita di koran, televisi, atau radio. Tugas dan tanggung jawab utama seorang jurnalis adalah mencari berita dan membawanya ke publik secepat mungkin.

Berita yang disajikan hendaknya jelas, menarik, namun tetap berpedoman pada kaidah-kaidah jurnalistik. Kaidah jurnalistik yang dimaksud adalah cover both sides, menyajikan berita secara berimbang, tidak memihak, dan yang terpenting sesuai dengan fakta yang ada.

Selain memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, seorang jurnalis juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik, cepat menyerap informasi, memiliki mobilitas yang tinggi, serta harus stand by kapan dan di mana saja. Lantas, seperti apa sih, jobdesk seorang jurnalis?

•    Menghadiri konferensi pers, rapat redaksi, dan acara lainnya.
•    Melakukan wawancara narasumber secara langsung atau melalui telepon jika terpaksa.
•    Membuat rilis berita.
•    Mencatat hasil wawancara tersebut di steno atau merekamnya di tape.
•    Menyusun transkrip wawancara.
•    Menulis naskah berita sesuai dengan transkrip wawancara.
•    Memelihara kontak dan menjaga hubungan baik dengan narasumber.

Agar lebih memahami seluk beluk pekerjaan ini, ada baiknya kamu membekali diri kamu dengan pendidikan atau kursus yang berkaitan dengan jurnalistik. Jenjang karier di dunia jurnalistik ini pun cukup panjang, mulai dari wartawan – koordinator liputan (korlip) – redaktur – redaktur pelaksana (redpel) – pemimpin redaksi (pemred).

Nah, bagi kamu yang baru saja menjadi wartawan (fresh graduated) atau yang belum berpengalaman income yang didapat pun lumayan. Kisaran Rp1.500.000 – Rp2.500.000 bisa kamu dapatkan setiap bulannya. Nilai yang cukup besar kan untuk seorang wartawan pemula?!

So, tertarik untuk menjadi seorang jurnalis? Atau mungkin, kamu ingin mencari pekerjaan lain? Buku Serba-serbi Profesi yang disusun oleh Anwar & Tantrina sepertinya bisa menjadi panduan tepat bagi kamu yang sedang mencari atau memilih pekerjaan.

Buku terbitan Bukunè ini mengulas berbagai macam jenis profesi disertai dengan deskripsi dan ruang lingkupnya, besaran gaji yang diterima, jenjang karier, kriteria yang diperlukan untuk profesi tersebut, hingga tip dan trik menjalankan profesi pilihanmu. Nggak hanya profesi untuk perusahaan swasta saja yang bisa kamu dapatkan di dalam buku ini, tetapi juga informasi seputar profesi PNS. Dapatkan pula tata cara menulis CV yang baik, tip wawancara kerja, dan seluk beluk surat kontrak.

bukune di shopee