Blog

Gaul Ala British!

Bahasa gaul atau bahasa slang, nggak hanya ada di Indonesia. Negara-negara maju seperti Inggris, Amerika, atau Australia pun punya. Makanya jangan heran jika saat kamu menonton sebuah film atau mendengarkan musik, ada beberapa kata yang terdengar aneh di telingamu.

Pemakaian bahasa Inggris di Inggris, Amerika, Australia, atau Kanada tentunya berbeda-beda. Perbedaan ini terletak mulai dari aksen, penggunaan kata dan tata bahasa, hingga ke penulisannya. Jangankan di negara-negara berbeda, di Inggris dan United Kingdom sendiri pun tiap daerah mempunyai dialek yang berbeda.

Tapi, kesampingkan dulu deh pembahasan tentang dialek dan sebagainya. Karena di sini kita bakal ngobrolin soal bahasa gaul atau bahasa slang yang biasa digunakan.

Bahasa slang di luar negeri nggak jauh beda kok maknanya dengan bahasa gaul di sini. Biasanya, bahasa seperti ini digunakan oleh anak muda. Misalnya, “I lost all of my dosh” yang artinya “Gue kehilangan semua duit gue”. Dosh di sini artinya bahasa Inggris gaul dari money/cash (uang).

Namun, di samping bahasa slang biasa seperti contoh di atas tadi, ada juga cockney rhyming slang. Cockney rhyming slang adalah sebuah kode bahasa yang diciptakan sekitar abad ke-19 oleh orang Cockney atau London. Bahasa ini diciptakan agar mereka bisa berbicara di depan polisi tanpa diketahui maksudnya.

Cockney rhyming slang agak sedikit berbeda dari bahasa slang biasa. Bahasa slang yang terkenal di London ini menggunakan persamaan bunyi dalam frase dua kata. Misalnya kata “beer” dalam bahasa Inggris menjadi “Britney Spears”. Namun, jika ditulis dalam sebuah kalimat atau diucapkan menjadi “Give me that Britney!”, karena kata keduanya dibuang.

Jadi, saat kamu mendengar kata Britney, ada baiknya jangan langsung mengartikan Britney si penyanyi terkenal itu. Tetapi bisa jadi Britney yang dimaksud adalah beer, minuman beralkohol.

Nah, biar kamu nggak keliru soal bahasa slang ini, baca deh buku Cas Cis Cus Bahasa Inggris Gaul yang ditulis oleh Rizal Khadafi & Dela Rui. Buku yang diterbitkan oleh Bukunè ini berisi tentang istilah-istilah khusus di empat wilayah berbeda, yaitu Amerika, Inggris, Kanada, dan Australia.

Sambil ber-cas-cis-cus, kamu juga bisa mencari informasi tempat wisata dan budaya di empat negara tersebut. Pastinya, jalan-jalan di empat negara itu akan semakin menyenangkan dengan adanya panduan jalan-jalan dari si Pelancong Nekat. Selamat berpetualang!

bukune di shopee