Blog

Tip Melampiaskan Kemarahan Ala Cewek Cerdas

Setiap manusia pasti memiliki luapan emosi yang harus disalurkan, termasuk rasa marah! Emang nggak gampang sih, untuk meredam amarah. Selain bisa bikin polusi suara karena teriakan-teriakan nggak jelas, marah yang meledak-ledak bisa bikin kamu malu.

Amarah adalah salah satu bentuk emosi. Sama seperti semua bentuk emosi lainnya, emosi yang satu ini juga perlu disalurkan agar tidak menjadi bom waktu. Hanya saja, caranya harus diseleksi agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kamu bisa memilih cara-cara “nyampah” yang kreatif, seperti:

Menulis – lampiaskan semua emosimu lewat tulisan. Bayangkan apa yang akan kamu ucapkan ke seseorang atau sesuatu yang menjadi sumber kemarahanmu. Kalau sudah, kamu boleh merobek-robek surat itu dan melupakan semuanya. Tidak ada gunanya membaca ulang kemarahanmu sendiri yang pada akhirnya bisa menambah kekecewaan atau kebencianmu. Menuliskannya hanya salah satu cara untuk “membuang” semua “sampah” dalam hatimu.

Menggambar – kegiatan yang satu ini kadang-kadang bisa membuatmu tertawa setelah amarah reda. Gambar yang dibuat saat kita marah bisa saja tidak sebagus gambar yang dibuat ketika senang. Tapi, ada juga gambar yang jadinya malah lucu karena memparodikan kejadian menyebalkan yang membuatmu marah. Humor masih jadi cara terbaik untuk membuang emosi negatif.

Bermusik – saat patah hati, sedih, marah, dan kecewa diakui sebagai saat-saat produktif seorang musisi. Banyak banget album yang sukses di dunia musik yang ide dan topiknya terinspirasi dari emosi-emosi ini. Mendengarkan lagu-lagu semacam ini juga bisa membantumu meluapkan amarah, asal jangan keseringan saja. Kamu enggak mau juga kan hidupmu diiringi musik-musik suram melulu? Lagu dengan nada menghentak bisa jadi saran yang baik untuk menyalurkan amarah. Kalau sudah mulai tenang ya cari lagu yang lain lah. Perbanyak referensi musik biar enggak marah-marah terus.

Olahraga – memacu adrenalin bisa mengalihkan amarahmu. Daripada marah-marah dan meninju korban tak bersalah, alihkan energi dan emosi negatifmu ke sansak tinju, bola sepak, atau malah backboard ring basket. Badminton, futsal, skateboard, dan lari juga bisa jadi pilihan alternatif, lho.

Menari – hampir mirip dengan olahraga, menari pun bisa memacu adrenalin dan mengalihkan perhatianmu dari kondisi yang enggak menyenangkan. Tari tradisional, jazz atau ballet tidak masalah. Mana pun yang kamu pilih, pastikan kamu membebaskan diri untuk berekspresi tanpa terpaku aturan. Bebaskan diri atau mengalir bersama iringan lagu yang kamu putar and start to dance!

Beberapa kegiatan di atas nggak ada salahnya untuk kamu coba saat amarah sedang melanda, daripada mengalihkannya ke kegiatan-kegiatan nggak jelas. Intinya, amarah itu harus disalurkan dan sebaiknya tidak dipendam. Setelah reda, coba cari solusi atas kemarahanmu. Semuanya tentu akan lebih terasa mudah untuk dilewati.

Nah, mau tahu lebih banyak tentang hal-hal apa saja yang biasa dilakukan cewek-cewek cerdas? Temukan jawabannya dalam buku Top Tips for Girls karya Dewi Fita, Lola Peppa, dan Kandis Shintya. Melalui buku terbitan Bukunè ini, kamu bisa mendapatkan 100+ tip pintar seputar kehidupan cewek. Mulai dari urusan keluarga, diri sendiri, fashion, cowok, kesehatan, hingga sekolah. Penasaran? Check it and be smart!

bukune di shopee