Blog

Tip Memilih KPR untuk Rumah Idaman

Siapa pun tentu ingin memiliki rumah idaman. Bukan sekadar untuk tempat berlindung dari panas dan dingin, diharapkan rumah yang akan ditempati juga bisa menjadi tempat menyenangkan bagi penghuninya.

Saat ini, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam jenis perumahan. Dari perumahan dengan sistem cluster hingga perumahan islami. Perumahan yang terletak di pusat kota atau yang letaknya di pinggiran kota. Jangankan perumahan baru, perumahan second pun tidak luput dari perhatian para pemburu rumah.

Intinya, asalkan kita sudah cocok dengan rumah yang dicari tidak ada salahnya untuk langsung membeli. Namun, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan saat akan membeli rumah tersebut. Nggak hanya saat mencari atau memilih rumah saja. Tetapi juga saat kamu akan membelinya.

Kalau kamu memiliki modal yang cukup untuk membeli rumah secara cash, tidak masalah. Tapi jika kamu memilih untuk mencicilnya melalui KPR di bank-bank, cermati baik-baik apa yang ditawarkan KPR tersebut. Berikut adalah beberapa tip dalam memilih KPR.

  1. Pilih bank yang memiliki reputasi baik. Sehingga kamu tidak perlu takut kalau sewaktu-waktu bank akan ditutup atau pun merger.
  2. Perhatikan baik-baik fasilitas yang ditawarkan. Lihatlah perbedaan yang menonjol dari sejumlah bank.
  3. Jangan terpaku pada tawaran dari suatu bank.
  4. Buat atau mintalah simulasi kredit.
  5. Ingatlah bahwa cicilan KPR jangan lebih dari 30% pendapatan total per bulan kamu.

Belum puas dengan tip di atas? Baca 101 Top Tip Membeli Rumah yang disusun oleh Laksamana Media. Buku yang diterbitkan Bukunè ini bisa menjadi panduan yang tepat bagi kamu dalam mencari, memilih, dan membeli rumah idaman. Ada empat bab besar yang terdapat di dalam buku ini, yaitu tip melakukan pencarian rumah, tip seputar mengetahui kondisi rumah, tip mengenal situasi dan lingkungan seputar rumah yang akan dibeli, serta tip seputar negosiasi dan mencapai kesepakatan. Dengan adanya 101 tip membeli rumah ini, pastinya kamu akan lebih cermat dalam memilih dan menentukan rumah idamanmu.

bukune di shopee