Blog

Cherry Blossom; Karya Perdana Bellawrites sebagai Novelis

Cristabella depan

Cristabella depanHai para pembaca Bukune. Masih lancar, kan, puasanya? Nah, daripada kamu bingung mau ngapain, Kune punya sesuatu yang menarik untuk kamu baca nih. Yup, beberapa waktu lalu, Kune berhasil mewawancarai Christa Bella, penulis Cherry Blossom, yang tenar di Wattpad itu.

CristabellaPada kesempatan ini, Bella yang dikenal dengan akun Bellawrites blak-blakan soal teknik menulis yang ia terapkan pada tulisan-tulisannya di Wattpad. Penasaran dengan obrolan Kune dengan Bella? Yuk, kita baca bersama-sama.

– Hai, Bella. Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat ya.
Alhamdulillah sehat, Kune.

– Bella, novel Cherry Blossom kan sudah terbit nih. Bagaimana rasanya melihat tulisanmu di Wattpad tiba-tiba hadir dalam bentuk buku?
Lumayan sulit dideskripsikan, sih. Perasaan yang mendominasi tentunya senang, karena aku bisa menunjukkan kepada semua orang, terutama kedua orangtuaku, kalau hobiku menulis juga dapat membuahkan suatu karya yang dapat dinikmati banyak orang. Berhasil menerbitkan sebuah buku benar-benar di luar ekspektasiku. Aku masih nggak percaya dapat melihat novel Cherry Blossom terpajang di toko buku yang sering aku kunjungi haha. Namun, ada sedikit perasaan cemas juga melihat respons dari para pembaca terhadap novel debutku ini.

– Kune penasaran, nih, dari mana sih kamu belajar menulis, tentang plot, EYD, dan sebagainya? Otodidak atau pernah ikut kelas menulis?
Wah, jujur, aku sama sekali nggak pernah mengikuti kelas menulis. Jadi, dapat aku katakan kalau aku belajar menulis murni secara otodidak. Mungkin dua hal yang paling membantuku dalam belajar menulis adalah dengan membaca banyak buku dan menonton film. Aku suka membaca novel dan manga Jepang, selain itu aku juga sering mengisi waktu luangku dengan menonton film atau drama Korea hehe.

– Ceritakan sedikit, dong, tentang novel Cherry Blossom ini?
Cherry Blossom menceritakan tentang Abby yang bersahabat dengan Dimas sejak kecil, lalu ketika mereka sudah duduk di bangku SMA, mereka pun berpacaran. Tapi, karena ada kesalahpahaman di antara mereka, mereka pun jadi menjauh dan berpisah. Dimas pergi ke Michigan untuk melanjutkan kuliahnya, sedangkan Abby pindah ke Jakarta di rumah teman ibunya. Abby memang punya masalah keluarga dimana hubungan kedua orangtuanya yang sudah memburuk sejak dulu pun berakhir dengan perceraian. Apalagi sesuatu yang dilakukan ayahnya membuat Abby sakit hati. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk nggak tinggal bersama ayahnya lagi. Tapi, justru di tempat baru itulah, Abby kembali bertemu dengan orang-orang yang berkaitan dengan masa lalunya; semuanya seperti benang kusut.

– Dari mana kamu mendapatkan ide untuk menulis Cherry Blossom?
Awal mulanya, aku berkeinginan untuk membuat sebuah cerita yang aku sukai, yang ingin kubaca berulang-ulang dan belum pernah aku temukan di luar sana. Aku nggak pernah membayangkan apakah orang lain akan menyukainya, ataupun sebaliknya.  Jadi, aku sangat menikmatinya.

Cover Cherry Blossom– Ceritakan, dong, tentang proses kepenulisan Cherry Blossom ini?
Berbicara tentang proses kepenulisan Cherry Blossom, aku mulai menulis dan mempublikasikan ceritanya ke Wattpad sejak April 2013—April 2014. Sesungguhnya, aku juga nggak pernah membuat kerangka ceritanya terlebih dahulu. Nggak ada outline sama sekali. Aku hanya melakukan brainstorming ide saja dan itu pun dicatat asal-asalan di notepad laptop. Itulah mengapa rentang waktu kepenulisan Cherry Blossom cukup lama, yaitu satu tahun lamanya. Tetapi, aku sangat menikmati setiap prosesnya, sih.

– Ada perbedaan nggak antara Cherry Blossom yang kamu tulis di Wattpad dan novel?
Ada banyak bagian yang nggak terlalu berpengaruh ke dalam isi cerita, dihapuskan. Ada beberapa bagian juga yang direvisi. Kalau kamu penasaran, segera temukan jejak Cherry Blossom yang telah bersemi di toko buku kesayanganmu sekarang, ya! ☺

– Menurut kamu, lebih mudah menulis di Wattpad atau novel?
Hmm, tentu saja menurutku lebih mudah menulis di Wattpad. Kamu nggak perlu mengkhawatirkan apakah EYD yang kamu gunakan sudah sesuai, apakah ide ceritamu dapat diterima, atau apakah orang lain akan membeli novel yang kamu tulis. Wattpad adalah sarana yang dapat kamu gunakan untuk belajar menulis secara gratis. Lain halnya jika kamu ingin menerbitkan sebuah novel, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan tentunya.

– Di antara tulisan-tulisan kamu yang lain di Wattpad, kenapa Cherry Blossom yang terpilih untuk diterbitkan?
Mungkin karena genre-nya adalah teen fiction dan kebutuhan remaja di masa sekarang akan suatu bacaan yang dekat dengan kehidupan mereka juga sangat besar. Ditambah lagi, Cherry Blossom juga sudah akrab di telinga para pembacaku di Wattpad, oleh karena itu Cherry Blossom terpilih untuk diterbitkan.

– Untuk selanjutnya ada project menulis apa lagi nih?
Saat ini, aku masih aktif menulis di Wattpad. Salah satu cerita yang menjadi fokusku sekarang adalah Daredevil (ini bukan fanfiction TV series yang berasal dari franchise Marvel, ya!) yang masih ada dalam status on-going. InsyaAllah, novel baruku yang kedua juga akan terbit pada akhir bulan Juni ini. Doakan ya, Kune! ☺

Seru, kan, ngobrolnya? Nah, bagi kamu yang sudah sering membaca karya-karya Bellawrites, ditunggu saja novel selanjutnya dari Bella ya. Happy reading, guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

KKN Di Desa Penari