Blog

Santap Sedap Makanan Berkeju

Makanan berbahan dasar keju. Hmmmm…. Mendengar namanya saja, lidah serasa ingin segera mencicipinya. Tidak hanya makanan a la barat saja yang bisa menggunakan keju sebagai bahan dasar atau penyedap. Masakan a la Indonesia pun tidak kalah enaknya jika dipadankan dengan keju.

Makanan berbahan dasar keju. Hmmmm…. Mendengar namanya saja, lidah serasa ingin segera mencicipinya. Tidak hanya makanan a la barat saja yang bisa menggunakan keju sebagai bahan dasar atau penyedap. Masakan a la Indonesia pun tidak kalah enaknya jika dipadankan dengan keju.

Salah satu makanan khas Indonesia—khususnya Jawa Barat—yang enak untuk dikombinasikan dengan keju adalah combro. Mungkin kamu heran, kok bisa ya combro dikombinasikan dengan keju? Jelas bisa, dong. Buktinya, di Kelapa Gading ada tempat yang bernama Elizabeth Combro.

Di sini kamu bisa mencicipi combro keju yang rasanya enak banget. Begitu combro dibelah dua, asap tipis mengepul dan lelehan keju keluar dari bagian dalamnya. Rasanya??? Jangan ditanya lagi deh. Pokoknya ciamik banget. Tentunya, kudapan yang satu ini nikmat sekali jika dipadukan dengan teh hangat di sore hari ataupun di saat santai.

Nah, kalau di Jakarta—tepatnya Kelapa Gading—ada Elizabeth Combro yang bisa bikin lidahmu bergoyang, lain halnya jika kamu pergi ke daerah Bandung.

Bandung memang terkenal dengan jajanan khasnya. Saat main-main ke Bandung, sempatkanlah dirimu untuk mengunjungi Cireng Keraton yang berada di Jl. Ambon.

Jajanan yang satu ini hampir selalu ada di tukang gorengan. Bentuknya putih, hampir seperti buntalan kapas dengan tekstur yang sedikit kenyal. Nah, kalau biasanya cireng yang kamu rasakan nggak ada rasanya, lain halnya dengan Cireng Keraton ini.

Di Cireng Keraton ini kamu bisa menikmati cireng dengan berbagai macam isi, seperti sosis, sapi, ayam, dan keju. Kalau cireng isi daging-dagingan sih mungkin sudah bisa terbayang seperti apa rasanya. Tapi, apa jadinya kalau cireng itu berisi keju?

Spektakuler. Itulah kata yang bisa melukiskan rasanya. Rasa cireng yang agak kenyal berpadu dengan keju yang meleleh di mulut, tentunya menjadi sensasi tersendiri bagi kamu yang menikmatinya.

Tenang-tenang, jangan ngiler dulu. Dua makanan di atas belum seberapa jumlahnya sampai kamu membaca buku Berburu Makanan KejuMooo di Jakarta & Bandung yang ditulis oleh Dewi Fita. Buku terbitan Bukunè ini berisi tempat-tempat makan enak dengan bahan dasar keju.

Kamu bisa mengunjungi 27 tempat di Jakarta dan 23 tempat di Bandung yang memiliki makanan dengan berbahan dasar keju. Mulai dari makanan Indonesia hingga Mesir, ada. Dari steak hingga martabak, juga ada. Pokoknya lengkap deh. Selamat berburu makanan berkeju ya!

bukune di shopee