Blog

Sabtu Seru di Acara Nulis Bareng Bukuné

ft2

ft2Hari yang ditunggu datang juga. Setelah melalui proses yang cukup panjang, kelas menulis “Nulis Bareng Bukuné” sukses terselenggara, Sabtu (26/05). Bertempat di Buku Kafe, Margonda, Depok, acara ini dihadiri oleh 20 orang peserta dari berbagai daerah yang merupakan pemenang lomba Nulis Bareng Bukuné dan Kuis #ShareNovelBukune.

ft1Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini dibuka dengan registrasi peserta yang dilanjutkan dengan perkenalan penerbit kepada para peserta. Dipandu oleh Dewi Fita, salah satu redaksi Bukuné, acara pun memasuki sesi ngobrol bareng bersama Windy Ariestanty—penulis Shit Happens, Studying Abroad, The Journeys, Life Traveler, dan The Journeys 2.

Pada kesempatan ini, Windy berbagi pengetahuan seputar penerbitan dan kepenulisan. Dasar-dasar penulisan novel, mulai dari ide, tokoh, setting, alur, hingga konflik cerita dituturkan Windy secara detil, jelas, dan sistematis. Tidak hanya itu, Windy juga memberikan tip-tip menulis untuk pemula.

ft3Setelah Windy, redaksi Bukuné yang diwakili oleh Widyawati Oktavia menggandeng Kireina Enno—penulis novel Selamanya Cinta (Bukuné, 2012) sebagai pembicara pada sesi ngobrol bareng penulis.

Di acara ini, Enno menekankan pembahasan pada proses kreatif penulisan novel Selamanya Cinta dan tip-tip menulis novel. Secara garis besar, Enno membagi pengalamannya mengenai penerapan dasar-dasar kepenulisan saat proses pembuatan novelnya itu.

Setelah mendapatkan beragam pengetahuan tentang penerbitan dan kepenulisan, peserta diajak untuk berdiskusi tentang outline yang mereka bawa masing-masing. Hal penting apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengembangan outline novel dan bagaimana cara mengatasi kendala mengembangkan outline menjadi garis besar pembahasan sesi ini.

ft4Acara yang juga dihadiri oleh penulis-penulis Bukuné, seperti Dian Purnomo (penulis Rahasia Hati), Naura Laily (penulis Tentang Cinta), dan Ninna Krisnamurti (penulis Cinta Yang Lain) berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. Segenap redaksi Bukuné pun mengucapkan terima kasih bagi para peserta, pembicara, dan undangan yang telah berpartisipasi serta meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini.

Tuangkanlah idemu dan tetaplah berkarya!

bukune di shopee