Blog

Merawat dan Mencegah Gigi Sensitif

Sedang menikmati es buah tiba-tiba gigi terasa linu? Tentu sangat tidak menyenangkan. Yup, gigi sensitif atau gigi linu cukup banyak dikeluhkan orang. Biasanya, gigi akan terasa linu ketika makan atau minum panas, dingin, asam ataupun manis.

Saat rasa linu menyerang gigi dengan tiba-tiba, kita tentu akan merasa risih yang tak terhingga. Gigi sensitif ini nggak hanya bisa dirasakan oleh gigi berlubang saja, lho, tetapi juga oleh gigi yang masih terlihat bagus.

Jika kamu sering mengalami gigi sensitif ini, jangan dibiarkan begitu saja. Pasalnya, gigi sensitif lama-kelamaan akan menyebabkan gigimu rusak. Berikut adalah perawatan gigi sensitif yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

•    Gunakan sikat gigi dengan bulu yang sangat lembut dan pasta gigi yang mengandung bahan abrasif ringan.
•    Sikat gigi dengan cara yang benar.
•    Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
•    Gunakan pasta gigi dengan konsentrasi flouride yang tinggi.

Setelah kamu merawat gigi sensitif, ada baiknya kamu melakukan pencegahan agar rasa linu itu tidak datang lagi. Caranya mudah saja, cukup dengan menjaga kesehatan dan kebersihan mulut untuk mencegah terjadinya penyakit gusi yang akan mengakibatkan gusi kamu menjadi resesi atau turun.

Jangan lupa untuk memperbaiki pula cara menyikat gigimu. Karena cara menyikat gigi yang salah atau terlalu keras bisa mengikis permukaan email dan menyebabkan gusi kamu resesi.

Selanjutnya, gunakan pasta gigi yang tidak terlalu abrasif. Terlaly sering menggunakan pasta gigi yang bersifat abrasif seperti pasta gigi antitartar dan pemutih juga bisa mengakibatkan gigi menjadi sensitif.

Nah, gimana penjelasan di atas? Ingin tahu lebih banyak seputar kesehatan gigi, gusi, dan mulut? Temukan dalam buku Serba Serbi Kesehatan Gigi & Mulut karya Ardyan Gilang Rahmadhan yang diterbitkan oleh Bukunè. Melalui buku ini, kamu bisa mendapatkan jawaban seputar permasalahan gigi dan mulut yang kerap mengganggumu. Mulai dari gigi berlubang, pewarnaan gigi, bau mulut, hingga kanker mulut. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan tata cara merawat dan mencegah permasalahan gigi dan mulut ini agar tidak datang kembali.

bukune di shopee