Blog

Membuat Latar Belakang Menjadi Blur dengan Kamera DSLR

Kamera-DSLR-itu-Mudah-V.2

Kamera-DSLR-itu-Mudah-V.2Foto nge-blur tidak selamanya buruk. Bahkan, bisa terkesan keren dan artistik. Namun, blur seperti apa yang dimaksud? Ya, banyak fotografer baik pemula maupun mahir, menyukai foto yang latar belakangnya menjadi blur. Memang foto semacam ini sangat populer karena membuat subjek foto menjadi lebih menonjol.

Lantas, apa saja faktor yang membuat latar belakang foto menjadi kabur?

1. Bukaan lensa (Aperture)
Dengan menggunakan bukaan lensa yang besar (f/2.8 atau lebih besar lagi seperti f/1.4), maka latar belakang menjadi lebih kabur.

blur1

2. Jarak fokus lensa
Semakin besar jarak fokus lensa yang digunakan, maka latar belakang menjadi lebih kabur. Contoh: latar belakang lensa 55mm lebih kabur daripada bila diambil dengan jarak fokus lensa 18mm.

blur2

3. Rasio jarak antara subjek foto dengan kamera dan jarak antara subjek dengan latar belakang.
Semakin dekat jarak kamera ke subjek foto dan semakin jauh jarak subjek foto dengan latar belakang, maka foto menjadi lebih kabur.

blur3

4. Ukuran sensor gambar
Ukuran sensor kamera bervariasi, semakin besar, semakin mudah membuat latar belakang menjadi blur. Kamera ponsel atau kamera saku memiliki ukuran sensor yang relatif kecil dibandingkan dengan kamera DSLR. Di dalam kamera DSLR, terbagi lagi beberapa jenis ukuran sensor.
Yang paling kecil sampai yang paling besar yaitu: four thirds (rasio 4 banding 3), ada yang crop sensor 1.6 (Canon), 1.5 (Nikon, Pentax, Sony), ada juga yang full frame (Nikon, Sony) dan medium format (Phase One, Leica S2).

Tip di atas, selengkapnya bisa kamu baca dalam buku Kamera DSLR Itu Mudah! V.2 yang ditulis oleh Enche Tjin. Buku yang kini diterbitkan kembali oleh Bukuné ini berisi segala hal tentang mudahnya mengoperasikan kamera Digital SLR. Mulai dari setting shutter speed, aperture, dan iso; pengaturan cahaya, white balance, dan komposisi; jenis-jenis kamera dan lensa; aksesori kamera; hingga keunggulan dan kelemahan berbagai merek kamera termutakhir.

Tidak hanya itu, pengetahuanmu akan lebih komplit dengan hadirnya bonus SVCD dan voucher khusus kupas tuntas kamera atau dasar fotografi.

Nah, bagi kamu yang mau tahu tentang kamera DSLR lainnya, silakan cek link berikut ini: https://bukune.com/index.php/artikel/481-mudahnya-memotret-dengan-dslr.

bukune di shopee