Blog

Membuat Gel Holder untuk Flash Eksternal

Bosan dengan tampilan foto yang begitu-begitu saja? Tenang! Warna foto yang kamu miliki bisa kok diubah-ubah sesuai keinginanmu. Gunakan saja gel holder pada flash kamera milikmu. Hasilnya, pasti akan lebih beragam!

Bosan dengan tampilan foto yang begitu-begitu saja? Tenang! Warna foto yang kamu miliki bisa kok diubah-ubah sesuai keinginanmu. Gunakan saja gel holder pada flash kamera milikmu. Hasilnya, pasti akan lebih beragam!

Benggunaan gel holder pada flash ini berfungsi untuk membuat pancaran cahaya flash menjadi berwarna. Dengan begitu hasil pencahayaannya pun mengikuti warna gel yang digunakan. Misalnya saja, kamu menyukai warna merah, maka tambahkan gel holder merah di depan flashmu. Kamu akan mendapatkan warna pada objek yang kamu bidik.

Nah, untuk mendapatkan warna sesuai keinginanmu ini, kamu bisa kok membuat gel holdernya sendiri. Dengan bahan yang sederhan dan mudah didapatkan, kamu pasti bisa membuatnya. Berikut adalah caranya.

  1. Siapkan plastik transparan berwarna atau gel, kertas karton tebal, gunting, cutter, selotip atau double-tape.
  2. Ukur keliling dari kepala flash yang ingin digunakan. Bisa menggunakan mistar, atau dengan tali/benang yang dililitkan di kepala flash.
  3. Potong karton dengan ukuran panjangnya sama dengan keliling flash (dilebihkan sedikit untuk ditempel, apabila kamu menggunakan double-tape), lebarnya kira-kira 3-5 cm, atau menyesuaikan dengan kepala flash kamu. Lingkarkan di kepala flash, dan tempelkan dengan selotip atau double-tape.
  4. Potong 2 lembar kertas karton sepanjang kepala flash, dilebihkan 2 cm, dan lebar kira-kira 3 cm. Lalu buat lubang dengan cutter sepanjang ukuran gel yang kamu inginkan. Gel harus cukup panjang untuk menutupi seluruh permukaan depan flash.
  5. Tempelkan kedua lembar karton yang berlubang pada karton yang tadi digunakan untuk mengelilingi kepala flash. Pastikan bagian lubangnya tepat berada di tepian karton.
  6. Pasang pada kepala flash, dengan lubangnya berada di bagian depan kepala flash. Gel holder untuk flash eksternal sudah jadi.
  7. Untuk menggunakannya, tinggal pilih gel yang kamu inginkan, dan selipkan di lubangnya.
  8. Apabila kamu menggunakan flash eksternal secara terpisah dari kamera, kamu dapat membuat sorotan cahaya berwarna pada latar belakang foto kamu.

Pada dasarnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan sendiri dengan kameramu. Lebih lengkapnya, kamu bisa membaca Tak-Tik Fotografi yang diterbitkan oleh Bukunè sebagai bahan referensi. Buku karya Marcus Sudjojo ini tidak hanya memperkenalkanmu dengan macam-macam kamera dan aksesorinya, tetapi juga cara menghasilkan foto yang lebih baik. So, tunggu apalagi, buruan bereksplorasi dengan kameramu!

bukune di shopee