Blog

Dari Bacem Kepala Kambing, Sambal Gobal Gabul, hingga Surabi Notosuman

Kali ini giliran kota para seniman, Jogjakarta, yang disinggahi dua "pengelana makanan" asal Jakarta. Benar, mereka adalah Mala dan Tata—dua sahabat karib penyuka makanan berharga murah. Sebelumnya, kota Bandung telah mereka sisir. Hasilnya adalah sebuah buku Food Traveler’s Guide Bandung. Dalam buku itu mereka berbagi informasi seputar makanan dibawah 15 ribuan.

Nah, memilih lokasi makan juga variasi makanan yang unik adalah kiat umum yang berlaku bagi para seniman kuliner. Namun kiat yang tak kalah popular adalah burulah makanan enak dan murah sembari jalan-jalan tengoklah ke kanan kiri untuk melepas stres. 

Selain lokasi, keterampilan mengasah lidah juga bisa dirangsang lewat keberanian menjajal makanan yang terdengar ekstrem. Sebut saja Bacem Kepala Kambing di daerah Babadan Baru, Jalan Kenanga No.7 Jogjakarta. Di dapur milik H. Sukirman, sebelum makan Mala dan Tata memilih bagian kepala kambing yang diinginkan. Rasa seram dan enggan segera menyerang mereka, tapi apa boleh buat inilah pilihan menu yang harus dicoba. Pendek kisah… “Ajaib! Wah, tak bau kambing dan rasanya enak!” ucap Mala spontan.

Di lain tempat, tepatnya di Jalan Monjali, dua pengelana makanan ini mampir di warung SS. Pernah dengar sambal gobal gabul? Makanan super pedas ini bisa kita temui di Warung Spesial Sambal “SS”. Di sinilah beraneka makanan bersambal yang bisa membuat kita berkeringat hebat.

Sederet daftar lokasi lain di Jogjakarta yang dikunjungi Mala dan Tata antara lain, Soto ayam Pak Man, SGPC Bu Wiryo, Gudeg Sagan, lesehan di Pakualaman, Angkringan Pak No Stasiun Tugu, nasi pecel wader, dan lainnya.

Tak hanya di kota budaya, dua pengelana makanan pun singgah di Solo.  Selanjutnya kisah Mala dan Tata berburu Surabi Notosuman, karak di kampung Bratan,  Gudeg Ceker Margoyudan,  dan beberapa tempat lain bisa kamu simak dalam buku Jajanan Unik Yogya-Solo Di Bawah 10 ribu. Buku tersebut masih dalam seri Food Traveler’s Guide yang diterbitkan Bukuné.

Sekiranya lebih 40 tempat makan terpetakan dalam buku ini. Simak pula tip On Yogya—Solo Travelling dan daftar hotel Yogya dan Solo. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>