Blog

Beberapa Hal Penting dalam Proses Hunting Pacar

Merasa kesepian karena masih jomblo? Buruan deh hunting pacar. Tapi, jangan asal pilih, lho. Semua harus berdasarkan pertimbangan yang matang dan kriteria yang sesuai dengan harapanmu.

Begitu pun dengan dirimu. Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat sedang gencar-gencarnya mencari cinta. Berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

1st step: Make Over Your Attitude
Meskipun kita cantik/ganteng, keren, pintar, kaya, dan segudang nilai plus lainnya, kalau sikap kita jelek, enggak bakalan ada orang yang mau jadi pacar kita. Jangankan jadi pacar, orang pun mungkin bakal sungkan untuk sekadar berteman dengan kita. Lantas, sikap seperti apa saja sih, yang bisa bikin orang ilfeel ke kita? Sombong, egois, pembohong, posesif, dan biang gosip adalah beberapa di antaranya. So, buang jauh-jauh deh sikap seperti itu.

2nd step: More Friends, More Fun
Menurut sebagian orang, memiliki banyak teman bisa terasa lebih menyenangkan daripada punya seorang pacar. Ada benarnya, karena ada hal-hal pribadi yang lebih enak dan lebih mungkin dibagi sama teman ketimbang dengan pacar. Kalau saat ini kamu nggak memiliki banyak teman, bersikaplah ramah di mana pun kamu berada. Sebaliknya, jika saat ini kamu sudah memiliki banyak teman, nggak ada salahnya dong untuk terus menambah teman. Siapa tahu, satu dari sekian banyak teman yang kamu miliki ternyata si Dia yang kamu cari.

3rd step: Make a List
Setiap orang pasti punya kriteria tertentu saat memilih calon pacar, enggak terkecuali kita. Mengenai tampilan fisik yang bisa dilihat secara kasat mata, tentunya bukan hal yang sulit bagi kita untuk menentukan mana yang paling oke. Namun, jika kriteria itu bersifat psikologis seperti harus percaya diri, bisa jadi pendengar yang baik, menghargai orang lain, dan sebagainya; hal itu memang perlu diperhatikan lebih seksama. Langkah itu berguna untuk mempelajari karakter diri sendiri dan karakter calon pacar yang pas dengan kita.

4th step: Right Person in a Right Place
Ketiga tahapan di atas sudah ada di dalam diri kamu, tapi kenapa belum ada juga calon soulmate yang datang? Apa lagi yang salah dengan diri kita? Mungkin ini artinya kita harus mulai berperan aktif. Yuk, searching langsung ke “lapangan”. Pertanyaan selanjutnya, di mana tempat terbaik untuk mendapatkan pacar impian? Bisa di sekolah, tempat les, perpustakaan, toko buku, gelanggang olahraga, lingkungan rumah, lingkungan kerja, atau pun di pesta.

5th step: Be Yourself
Jadilah diri sendiri! Kalimat ini pastinya sudah enggak asing lagi di telinga kita. Di berbagai bidang kehidupan, menjadi diri sendiri memang penting banget. Bayangkan saja kalau kamu mesti berpura-pura jadi orang lain—apa pun alasannya, hal itu pasti bakal bikin cape! So, pede aja dengan diri kita sendiri.

6th step: Be Sensitive
Supaya kisah cinta kita tetap lancar; cinta juga punya “alarm” khusus, lho. Untuk menghidari munculnya kemungkinan-kemungkinan negatif, kita sebaiknya peka terhadap sinyal-sinyal alarm tersebut. Sinyal-sinyal tersebut bisa kamu dapatkan dari gebetan kamu sendiri, keluarga, teman, meja belajar, atau pun lingkungan sekitar.

7th step: When We Must Stop
Guys n girls, mendapatkan pacar impian mungkin salah satu keinginan besar yang ingin kita wujudkan, terlepas dari apakah keinginan ini memang murni kebutuhan diri atau wujud rasa iri melihat teman-teman yang sudah lebih dulu punya pacar. Namun sebesar apa pun keinginan kita untuk punya pacar, jangan sampai kita terlalu ngotot dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Ada beberapa hal yang mesti dipikir ulang sebelum memutuskan hubungan lebih lanjut dengan sang gebetan. Misalnya, sudah ‘berbuntut’, melanggar hukum, ada kekerasan, memberi pengaruh buruk, atau menguras materi.

Cinta memang pembicaraan yang universal. Maka jangan heran ketika kita bicara cinta butuh waktu yang panjang untuk memahaminya. Meski begitu, cinta tidak hanya sebatas untuk si Dia saja. Cinta terhadap orangtua, keluarga, dan mahluk lainnya juga ada. Mau tahu lebih dalam soal cinta? Buku Cinta yang ditulis oleh Pritha Khalida bisa menjadi referensi yang cocok buat kamu yang ingin lebih tahu soal cinta.

Buku yang diterbitkan oleh Bukunè ini akan membantumu memahami arti cinta yang lebih luas. Nggak hanya sebatas pacar saja. Buku ini juga membahas cinta yang perlu kamu bagi untuk keluarga, sekolah, lingkungan, dan hal-hal yang ada di dekat kamu.

bukune di shopee