Ayo! Ke Italia

Masih ingat kota Roma? Bila kamu nonton film Angel and Demon tentu saja kamu akan melihat kota antik itu. Nah, bila tergiur melancong ke kota yang bersejarah itu, simaklah bincang-bincang bersama Indra Febriansyah, penulis buku Panduan Asik Ngobrol dan Jalan-jalan di Italia. Tepatnya, Jumat lalu (03/07), Indra membagikan pengalaman dan isi bukunya di atas panggung Stan Kelompok Agromedia—di tengah keramaian pengunjung Pesta Buku Jakarta 2009.

“Buku ini untuk siapa saja yang tertarik dengan Italia atau yang ingin mengunjungi Italia. Berisi cara persiapan berangkat, cara ngobrol dengan orang Italia, mengetahui tempat-tempat penting, dan cara makan,” ujar Indra mengawali bincang santai yang dipandu Bastian.

Indra melanjutkan, buku ini juga berisi percakapan-percakapan dasar, termasuk cara membacanya dan artinya. Misalnya saat kita ketemu dengan orang imigrasi, saat memesan makanan, saat beli tiket, dan lainnya.

Seperti negara-negara di Eropa lainnya, untuk berangkat ke Italia tidaklah sulit. “Sebab informasinya jelas, tapi uniknya di Italia jarang banget ditemui orang yang berbahasa Inggris. “ Jadi lewat buku Panduan Asik Ngobrol dan Jalan-jalan di Italia ini perjalananmu akan lebih seru dan gampang karena kamu dipandu untuk bisa ngobrol dalam bahasa Italia.

Agarlebih menikmati, Indra menyarankan untuk tinggal di  satu kota  selama dua hari. “Agar tidak terlalu ambisius mengunjungi banyak tempat wisatam, yang penting bisa menikmati, “ tambah Indra.

***

Berikut sebagian dari nukilan-nukilan tanya-jawab dengan Indra, si Pelancong Nekat di talkshow tersebut.

Tanya : Apa saja tempat-tempat penting yang patut disinggahi?
Jawab: Floren, Pisa, dan Siena

Tanya : Apa yang harus dipersiapkan bila ingin backpacker?
Jawab: Sebenarnya tidak perlu dipusingkan atau terlalu terencana bila kita ingin backpacker ke Italia. Jadi hal-hal seperti berapa lama dan kita akan tersesat atau tidak, tidak perlu dipikirkan. Yang penting asal kita pegang tiket dan tahu apa yang dituju Insa Allah aman.

Tanya: Apa saran untuk jalan-jalan di Italia?
Jawab: Untuk di kota sebaiknya gunakan tas beroda untuk mempermudah perjalanan di sana. Kecuali bila kita ingin jalan-jalan ke alam, sebaiknya pakailah tas punggung.

Tanya: Betulkah orang Italia suka ngobrol?
Jawab : Orang Italia memang suka mengungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan. Mereka tidak sungkan mengajak siapa pun untuk ngobrol.

Tanya: Bagaimanakah dengan soal kriminalitas?
Jawab: Di Italia dikenal tukang copetnya mahir-mahir. Maka berhati-hatilah dan pindahlah tas punggungmu ke  dada.

***

bukune di shopee