Blog

6 Cara Efektif Menggunakan Twitter untuk Bisnis

Saat ini, jutaan orang telah memanfaatkan Twitter untuk berbagai hal. Tidak hanya sekadar meng-update status, fungsi Twitter pun mulai merambah ke dunia bisnis. Yap, Twitter merupakan salah satu media yang efektif untuk menjalankan bisnis secara online.

Saat ini, jutaan orang telah memanfaatkan Twitter untuk berbagai hal. Tidak hanya sekadar meng-update status, fungsi Twitter pun mulai merambah ke dunia bisnis. Yap, Twitter merupakan salah satu media yang efektif untuk menjalankan bisnis secara online.

Jika digunakan dengan tepat, Twitter bisa menjadi salah satu alat perusahaan atau brand tertentu untuk berinteraksi dengan konsumen. Entah dengan memberikan informasi produk terbaru, update berita dan harga saham, hingga menerima feedback dari pelanggan.

Nah, berikut adalah 6 cara efektif menggunakan Twitter untuk bisnis yang bisa kamu jalankan.

1.    Riset Pasar
Ketahui apa yang pelanggan katakan tentang bisnismu dengan nama perusahaan, bidang, industri, brand, atau produk sebagai kata kunci di Twitter search yang terletak di halaman home akun Twitter-mu. Jika mendapati komen yang negatif tentang brand atau perusahaanmu, kamu akan mampu mensiasati dengan cepat.

2.    Feedback
Gunakan Twitter sebagai cara untuk menerima umpan balik dari pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan meminta follower untuk memberikan pendapat mereka tentang sesuatu. Sebagai contoh, Airasia yang sedang merancang promo liburan akhir tahun meminta pendapat follower-nya tentang tempat tujuan wisata akhir tahun favorit mereka.

3.    Membangun Jaringan
Dengan Twitter kamu bisa dengan mudah membangun jaringan karena memungkinkan kamu untuk mencari dan mengikuti orang-orang dengan minat yang sama. Kamu bisa juga menggunakan layanan untuk mencari jaringan dengan orang-orang yang tinggal di wilayah geografis yang sama.

4.    Nge-link Konten dari Blog atau Website
Twitter dapat digunakan untuk nge-link konten dari blog atau website. Namun, kamu harus berhati-hati untuk melakukan hal ini dengan serius karena banyak dari pengikut Twitter kamu yang mungkin sudah membaca blognya terlebih dahulu. Sebaiknya hindari menggunakan blog plug-in yang secara otomatis akan update posting. Lakukan saja secara manual dan sesuaikan dengan waktu posting dan tema konten.

5.    Berkomunikasi dengan Tim
Twitter bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antarkaryawan di suatu perusahaan. Group Update semacam ini biasanya di-set privat untuk masalah keamanan.

6.    Notifikasi
Gunakan Twitter untuk notifikasi produk baru atau produk bestseller kepada konsumen dan mengabarkan event yang akan diselenggarakan perusahaan. Cotton Ink, sebuah perusahaan UKM lokal yang menjual syal dan legging secara online, mengabari konsumen-konsumennya tentang pameran terbaru yang diikuti Cotton Ink sehingga konsumen yang tidak nyaman berbelanja online dapat membeli produk secara langsung di pameran tersebut. Mereka juga ngetweet setiap produk baru mereka dengan direct link ke blog mereka dimana terdapat penjelasan lengkap tentang produk tersebut beserta gambar-gambar yang menarik.

6 cara efektif menggunakan Twitter untuk bisnis ini bisa kamu temukan dalam buku Tip & Trik Mengoptimalkan Microblogging yang diterbitkan oleh Bukunè. Buku ini ditulis oleh Angel, seorang netpreneur yang menjalankan berbagai bisnis online.

Buku ini dilengkapi dengan berbagai macam cara mengoptimalkan akunmu Twitter, Plurk, Jaiku, dan Koprol. Mulai dari step by step bergabung dan beraktivitas di akun-akun tersebut, mencari, mengundang, dan membangun follower sendiri, hingga memasang widget di blog dan Facebook-mu.

bukune di shopee