Blog

Bule Gaul Berbahasa Indonesia

Sebagai orang Indonesia, sudah sepantasnya kita mencintai negeri ini. Namun, bagaimana jika ada seorang bule yang juga mencintai negeri ini? Tentu, itu menjadi kebanggaan tersendiri, dong, bagi masyarakat Indonesia.

Richard Miles adalah seorang warga negara Australia yang begitu mencintai Indonesia. Bule yang satu ini memang beda dari bule-bule lainnya.

Biasanya, para bule yang datang ke Indonesia begitu tertarik dan menyukai kegiatan tradisional yang ada di negeri ini saja. Lain halnya dengan Richard, ia nggak hanya suka dengan kegiatan tradisional, tetapi juga semua hal yang berbau Indonesia. Mulai dari film Indonesia, grup-grup musik Indonesia, hingga joget di konser dangdut yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Saking sukanya terhadap Indonesia, Richard tanpa ragu memilih jurusan Sastra Indonesia saat kuliah. Richard yang telah terbiasa bergaul dengan orang Indonesia, menjadi salah satu murid yang jago ngomong bahasa Indonesia di kelasnya.

Sayang, dosennya tidak begitu menyukai bahasa Indonesia yang diucapkan Richard saat berada di kelas. Pasalnya, bahasa Indonesia yang digunakan Richard adalah bahasa Indonesia gaul, bukan bahasa Indonesia formal. Alhasil, teman-temannya pun bingung mendengar Richard menggunakan bahasa gaul.

Meski mengalami perbedaan dalam menggunakan bahasa Indonesia, bukan berarti Richard tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, lho. Buktinya, artikel Richard tentang sejarah band Sheila on 7 mendapatkan nilai tertinggi di kelasnya.

Nggak hanya itu, Richard pun memiliki segudang pengalaman unik lainnya saat ia berada di negeri seribu pulau ini. Semua cerita dan kecintaan Richard akan Indonesia terangkum dalam buku Bule Juga Manusia yang diterbitkan oleh Bukunè.

Bule Juga Manusia merupakan kumpulan kisah Richard Miler yang diambil dari blog pribadinya yang bernama sama dengan buku ini. Kisah-kisahnya begitu alami, lucu, dan seru untuk dibaca. Mulai dari pengalaman Richard bertemu om-om senang, tragedi busway, hingga bertemu dengan Sheila on 7. Penasaran dengan bule yang satu ini? Buruan baca deh bukunya!

bukune di shopee