Blog

#BeraniBeda bersama Juki dan Faza Meonk

jukii

jukiiJuki. Pernah dengar tokoh komik ini? Yup, Juki yang dikenal di berbagai media sosial kini menerbitkan buku barunya yang berjudul #BeraniBeda. Seperti apa bukunya? Ngobrol bareng kreatornya, yuk!

jukii

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Juki. Pernah dengar tokoh komik ini? Yup, Juki yang dikenal di berbagai media sosial kini menerbitkan buku barunya yang berjudul #BeraniBeda. Seperti apa bukunya? Ngobrol bareng kreatornya, yuk!

Kune mendapat kesempatan mewawancarai kreator Juki, yaitu Faza Meonk. Dalam buku terbarunya, Faza menceritakan tentang gagasan awal buku ini dibuat dan juga konsep barunya yang berbeda dengan buku sebelumnya. Penasaran? Yuk, simak wawancaranya berikut ini:

– Hai Faza, lagi sibuk apa nih?
Banyak nih kesibukannya, sejak membentuk management untuk karakter fiksi dengan nama Pionicon Management.

 

– Ceritakan dong, awal mula hadirnya buku #BeraniBeda?
Awal mula buku ini digagas , karena ingin membuat buku biografi si Juki. Kebetulan beberapa bulan lalu lagi hot-hotnya tentang pemilu presiden. Sebagai karakter fiksi yang populer, Juki kami calonkan juga sebagai presiden, dengan itu kami bisa mengambil momen meluncurkan buku biografi nya Juki. Jauh sebelum bukunya diterbitkan kami sudah membuat digital campaign dengan hashtag #BeraniBeda yang terintegrasi antara sosial media, website, apps, dan konten2 komik di Internet.

 

– Kenapa memilih konsep novel komik untuk di buku ini?
Saya ingin eksperimen, kalo selama ini pembaca mengikuti Juki dalam bentuk komik, maka seperti halnya buku biografi lainnya, seharusnya tulisan semua. Tapi saya pikir akan lebih menarik bila komik dan novel digabungkan dan saling mengisi satu sama lain.

 

– Ceritain, dong, proses kreatif di balik penulisan buku ini?
Untuk buku ini, saya berkolaborasi dengan penulis yang juga tim sukses Juki yaitu Yahya M. Prosesnya, di awal saya membuat outline tentang jalan cerita kehidupan Juki dari kecil sampai dewasa dan di bagi perbab, kemudian Yahya M menulis kembali sesuai dengan outline yang saya buat. Setelah itu saya sempurnakan lagi baru dipangkas tulisan-tulisan yang kira-kira akan lebih menarik bila diganti dengan komik / illustrasi.

 

– Biasanya inspirasi untuk cerita Si Juki didapat dari mana?
Dari manapun sih, apa yang saya amati sehari-hari, cerita dari orang-orang terdekat, sampai berita yang saya baca di media konvensional / online.

 

– Perbedaannya dengan buku sebelumnya apa?
Jelas perbedaannya di format kontennya, kalau biasanya isinya full dengan konten komik, kali ini saya mengkombinasikan antara novel dan komik.

 

– Ada kendala nggak saat menulis buku ini?
Sebenarnya kendala teknis tidak ada, paling lebih ke kendala mengatur waktu karena dikala itu saya sedang sibuk-sibuknya mengurus urusan lain.

 

– Lebih seru saat membuat seri Si Juki yang mana?
Semuanya seru! Ada tantangan masing-masing dalam proses pembuatannya!

 

– Ada cerita menarik nggak, saat pembuatan buku #BeraniBeda ini?
Hmm apa yah… yang pasti pembuatan buku ini waktunya paralel dengan proses digital campaign #BeraniBeda yang kami lakukan. Hal menariknya adalah ini benar-benar kali pertama kami membuat sebuah campaign berbulan-bulan sebelum bukunya terbit demi menaikan awareness pembaca tentang buku #BeraniBeda yang akan terbit.

 

– Ceritakan juga dong tentang website beranibeda.com?
Beranibeda.com merupakan salah satu media dalam digital campaign #BeraniBeda. Di website tersebut berisi tentang visi misi sampai program Juki sebagai capres. Bahkan sedikit kisah hidup dan aksi Juki di masyarakat juga ada di web itu. Seru deh pokoknya, langsung aja coba kunjungi beranibeda.sijuki.com

 

– Nah, ada bocoran nggak, tentang buku Si Juki selanjutnya?
Ada dong, dalam waktu dekat ini Juki akan meluncurkan kompilasi komik strip Juki yang dibuat dari tahun 2012!

 

– Apa pesan yang ingin disampaikan ke pembaca dari buku #BeraniBeda ini?
Kami ingin agar pembaca juga mempunyai semangat #BeraniBeda yang berarti sebuah semangat menjadi diri sendiri, bermanfaat bagi orang lain, dan selalu menemukan hal yang baru di hidup ini. Semoga #BeraniBeda bisa bermanfaat yaa.

 

– Apa, sih, harapan Faza dengan hadirnya buku ini?
Harapan saya, buku ini bisa menambah keberagaman dunia perbukuan Indonesia, karena formatnya sendiri cukup berbeda dengan buku/komik kebanyakan. Buku ini dibawa dalam sebuah digital campaign, lalu diperkenalkan sebagai biografi karakter fiksi pertama di Indonesia dengan format kombinasi novel dan komik. Semoga bisa menjadi penyemangat para kreator-kreator di Indonesia untuk selalu berinovasi dalam berkarya. Terima kasih yang sudah membeli, membaca, dan mengapresiasi buku #BeraniBeda!


juki-coverSeru kan buku Juki yang baru? Ikuti keseharian dan visi misi Juki untuk menjadi presiden dalam buku #BeraniBeda karya Faza Meonk dan Yahya M. Yuk, #BeraniBeda bersama Juki!

beli

bukune di shopee