Membuat Blog Lebih Berkualitas

Banyak cara untuk mendapatkan uang! Sekarang, siapa pun bisa dengan mudah mendapatkan ‘suntikan dana’ asalkan dia kreatif dan mau berusaha. Begitu pun dengan kamu yang ngaku penggila blog.

Weblog atau blog sebagai salah satu media promosi dan publikasi, memang terbukti cukup ampuh untuk menambah uang jajan kita. Buktinya, sudah banyak orang yang sukses menambah pundi-pundi emasnya melalui bisnis online.

Sebut saja Wikan Pribadi, S.TP, M.Kom. Cowok lulusan IPB dan UI ini adalah salah seorang enterpreneur yang sukses mengembangkan bisnisnya melalui blog. Selain bergabung dalam usaha mengembangkan perangkat lunak berbasis teknologi pengenalan wajah (Face Recognition Technology) di C & C dan penulis lepas Tabloid PCPlus, Wikan juga mengelola blog pribadi dan bisnis yang berisi tentang tip dan trik komputer, review artikel, bisnis online paid review, serta jasa content writer.

Meski terbilang sukses, bukan berarti Wikan bisa langsung seperti sekarang ini. Kesuksesannya mengembangkan bisnis melalui blog ini tidak terlepas dari kualitas blog yang dimilikinya. Berikut adalah tip dari Wikan untuk mengelola blog yang berkualitas.

  1. Konten (Isi).
    Konten atau isi merupakan faktor terpenting dalam suatu blog, karena sebenarnya yang menjadi produk bagi sebuah blog adalah informasi. Nah, agar blog kamu banyak pengunjungnya, konten blog haruslah memenuhi kriteria berikut:
    • Informatif
    • Orisinil dan unik
    • Up to date
    • Bernilai tambah
    • Bermanfaat
  2. Desain (Tampilan).
    Jika blog kamu sudah berisi informasi yang berkualitas, akan sangat lebih menarik jika didukung juga dengan tampilan desain tema blog yang sesuai dengan topik blog serta nyaman dipandang oleh mata. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan desain atau tampilan blog kamu antara lain:
    • Tata letak (layout), bisa dua atau tiga kolom
    • Desain (themes)
  3. Promosi (Publikasi).
    Jika sudah didukung konten yang berbobot serta tampilan yang berkelas, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar blog kamu banyak pengunjungnya adalah melakukan kegiatan promosi. Fungsi promosi adalah agar semakin banyak orang yang tahu keberadaan blog kamu. Semakin banyak orang yang tahu maka semakin besar kemungkinan blog kamu untuk dikunjungi. Beberapa kegiatan promosi yang dapat kamu lakukan antara lain:
    • Person to person
    • Submit ke Search Engine
    • Pasang iklan di situs iklan baris gratis
    • Blog walking

Selengkapnya mengenai tip mengelola blog yang berkualitas ini bisa kamu baca dalam buku Blog-preneur: Menjadi Enterpreneur dan Mengembangkan Bisnis Lewat Blog yang diterbitkan oleh Bukunè. Buku yang ditulis sendiri oleh Wikan Pribadi, S.TP, M.Kom ini juga berisi tentang cara ikutan bisnis paid to review, langkah membuat artikel yang sesuai dengan keinginan advertiser, serta mengurus pembayaran dari produsen sampai ke bank lokal.

Tertarik untuk mengikuti jejak Wikan? Buruan baca bukunya dan earn some money! Good luck!