Blog

Jalan Bareng Daniel Mardjuadi di Japanese Station

japanese-station-dheya-dpn

japanese-station-dheya-dpnKamu pernah dengar istilah dorama, cosplay, tokusatsu, anime, atau manga? Belum pernah? Wah, tandanya kamu harus berkunjung ke situs JapaneseStation.com untuk mengetahui istilah-istilah di atas. Di situs itu tersedia lengkap tentang dunia “per-Jepang-an” yang patut kamu ketahui.

japanese-station-dheya-dlm

Kamu pernah dengar istilah dorama, cosplay, tokusatsu, anime, atau manga? Belum pernah? Wah, tandanya kamu harus berkunjung ke situs JapaneseStation.com untuk mengetahui istilah-istilah di atas. Di situs itu tersedia lengkap tentang dunia “per-Jepang-an” yang patut kamu ketahui.

Oh iya, JapaneseStation.com kini sudah menerbitkan buku dengan judul Japanese Station. Buku komplit ini berisikan informasi yang terkait dengan budaya Jepang. Seru, kan? Nah, supaya makin seru, Kune sudah ngobrol bareng dengan Daniel Mardjuadi, CEO dari Japanese Station. Simak, yuk!

 

– Hai, Mas Daniel, apa kabar? Sibuk apa sekarang, Mas?

Halo! Baik nih…. Kalian juga gimana kabarnya?
Sekarang sedang sibuk mengembangkan Japanese Station saja dan beberapa kerjaan lainnya nih.

 

– Oh iya, selamat ya Mas, buku Japanese Station sudah terbit. Bagaimana nih perasaannya?

Wah, senang sekali ya…akhirnya rilis juga buku Japanese Station yang dikerjakan bersama-sama bareng team editor dan kontributor dari tahun lalu. ^^

 

– Ceritain sedikit dong isi buku Japanese Station secara garis besar…

Buku Japanese Station ini sebenarnya mengambil konsep dari japanesestation.com itu sendiri, dimana konsep Japanese Station atau yang lebih singkatnya disebut JS ini merupakan sebuah portal berita dimana berisikan “stasiun-stasiun” yang berisikan semua informasi tentang Jepang. Setiap “stasiun” tersebut mewakili satu kategori yang ingin kamu ketahui tentang Jepang. Seperti contoh ada stasiun culture, dimana kamu bisa mencari berita tentang budaya di Jepang tuh seperti apa sih? Atau stasiun Entertainment, buat kalian yang ingin tahu tentang update terbaru apa tentang dunia hiburan di Jepang saat ini.

 

– Dapat ide dari mana membuat buku ini, Mas?

Ide nya sendiri sebenernya ingin menyebarkan informasi yang berguna tentang Jepang ke masyarakat lebih luas lagi dengan merambah dunia offline, salah satunya adalah berbentuk buku ini…. Terima kasih kepada Bukune atas kerjasamanya, ya ☺

 

– Apa tujuan awalnya membuat Japanese Station?

Tujuan awalnya membangun JS adalah untuk menjadikannya sebagai sebuah wadah bagi para penggemar Jepang untuk mereka bisa mendapatkan semua hal tentang Jepang. Lewat JS ini juga, kami ingin membuat lebih banyak hal kreatif dimana setiap penggemar Jepang bisa mempunyai rasa saling memiliki dan menjadikan ini sebagai sebuah lingkungan untuk mereka bisa menemukan hal-hal yang mereka sukai tentang Jepang.

Dan visi kami sendiri adalah “Connect” antara Jepang dan Indonesia, Kami ingin menjadikan JS ini sebagai “Jembatan” bagi Indonesia dan Jepang begitu pula sebaliknya.

 

– Seberapa banyak komunitas penyuka Jepang di Indonesia? Susah nggak mengumpulkan mereka?

Komunitas Jepang di Indonesia tergolong banyak dan selalu ada. Saya melihat perkembangannya dari tahun 1998 hingga sekarang selalu mengalami peningkatan atau minimal di titik stabil setiap tahunnya, yah bisa dibilang selalu ada kok dan hidup hingga saat ini.

 

– Dalam JapaneseStation.com sendiri, bagaimana mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya seputar Jepang?

Di JapaneseStation.com terdapat banyak penulis baik team author maupun dari para kontributor, dimana para pembaca pun dapat berperan serta untuk mengirimkan tulisan mereka untuk dapat saling berbagi kepada para pembaca.

 

– Ada pengalaman menarik selama menangani Japanese Station?

Banyak pengalaman menarik ketika membangun JS ini sendiri bersama dengan team, ya ada suka dan dukanya juga. Tetapi terlepas dari itu semua, kami sangat menikmati membangun Japanese Station ini dan sangat excited apabila JS ini bisa menjadi sarana yang bermanfaat bagi para penggemar Jepang dan bisa menciptakan banyak keluarga baru disini.

 

– Apa harapan Mas Daniel untuk portal JapaneseStation.com dan buku Japanese Station?

Perjalanan JS sendiri kedepannya masih sangat panjang, Dan harapan kami sangat besar untuk JS karena banyak hal yang ingin kami lakukan disini untuk pengembangannya, tetapi kembali lagi, bahwa yang pasti kami ingin menjadikan JS ini menjadi sebuah “Jembatan” informasi bagi Indonesia dan Jepang.

Harapan untuk buku JS ini semoga buku ini bisa bermanfaat bagi banyak orang yang ingin mencari tahu seperti apa “dunia” per-Jepang-an dan lebih mengenal luas lagi tentang Jepang di Indonesia.


japanese-station-bookSeru, kan? Yuk, kunjungi stasiun-stasiun di Japanese Station! Pssst, tidak hanya budaya Jepang yang akan kamu juga dapatkan, info beasiswa ke Jepang pun tersedia di sini ☺

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>