Blog

Hans; Si Pendiam yang Masih Menunggu Sang Mama untuk Menjemput Pulang

hans_review

Kamu tentu sudah mengikuti kisah Peter dan Hendrick “sahabat” Risa Saraswati kan? Nah, kini Risa hadir kembali dengan membuka gerbang dialog Hans, si tampan berambut hitam yang pendiam. Sekilas mengenai Hans sebenarnya sudah bisa kamu baca dalam cerita Hendrick. Namun, Risa mengajakmu mengikuti kisah Hans lebih dalam.

 

Seperti kita ketahui, Hans merupakan sahabat terdekat Hendrick. Saat masih hidup, mereka selalu bersama. Hans menjadi satu-satunya Hendrick yang selalu ada di sisinya. Hans juga yang paling mengetahui betapa berat dan menyedihkan kisah hidup Hendrick. Lantas, bagaimana dengan Hans? Apakah ia juga mengalami kisah hidup yang menyedihkan?

 

Hans kecil, sebenarnya terlahir dari keluarga yang penuh kasih sayang dan kebahagiaan. Meski demikian, bukan berarti semuanya baik-baik saja. Masa lalu ibunda Hans—yang terlahir dari hasil pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang keturunan Belanda—menjadi awal mula kehancuran keluarga Hans.

 

Ibunda Hans, Heleen, terlahir dari rahim seorang bedinde bernama Marsih. Adalah Augusta Willem yang memerkosa Marsih hingga akhirnya ia mengandung Heleen. Sayangnya, Marsih meninggal dunia saat melahirkan Heleen. Dan Heleen pun diasuh oleh Rosemary, seorang keturunan Belanda yang berprofesi sebagai guru.

 

Kehidupan Heleen begitu menyedihkan. Ia kerap kali dicemooh oleh orang-orang. Namun, berkat dukungan Rosemary dan Anke—sahabat Heleen, ia masih bisa bertahan. Suatu hari, Anke berinisiatif untuk menjodohkan Heleen dengan Adriaan, sahabat Ludwig suami Heleen. Tak disangka, ternyata Adriaan langsung tertarik dengan Heleen dan tanpa menunggu waktu yang lama mereka pun memutuskan menikah.

 

Keluarga Adriaan dan Heleen begitu bahagia dan sempurna. Mereka memiliki tiga orang anak: Judith, Hans, dan Greena. Sayangnya kebahagiaan itu tidak seiring sejalan dengan kisah persahabatan Heleen dan Anke. Sejak bergaul dengan Leonore Willem, sifat Anke terhadap Heleen berubah total. Anke yang dulu melindungi Heleen, kini sangat membencinya.

 

Satu per satu kejadian menyakitkan pun datang menghampiri keluarga Heleen. Hingga puncaknya, Leonore menuduh Heleen membunuh Anke. Hans yang saat itu berada di rumah bersama Rosemary, diminta Heleen untuk segera meninggalkan rumah tersebut untuk menghindari amukan masyarakat. Sedangkan Heleen, menyusul Adriaan, Judith, dan Greeta yang sedang berada di pabrik untuk memberitahukan kejadian yang menimpanya.

 

Tak ada yang mengetahui nasib Heleen dan keluarga Hans yang lain. Begitu pun dengan Hans dan Rosemary. Kamu pun tidak akan menyangka dengan kejadian-kejadian yang menimpa Hans selanjutnya. Penasaran? Hans menunggumu untuk membaca kisahnya. Bukan untuk mengasihaninya, melainkan untuk mengenalnya lebih dekat.

 

—-

 

hansHans karya Risa Saraswati mengajakmu untuk berkelana mengikuti kisah hidup Hans, seorang anak yang hingga kini masih menunggu sang Mama untuk menjemputnya pulang. Tragis dan mengharukan. Selamat membaca dan membuka gerbang dialog bersama Hans.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>