Blog

Clover; Perpaduan Tiga Cerita Novel dalam Komik

clover komik bukune

Hai, para pembaca Bukune. Kamu sudah baca Clover belum? Kalau belum, rugilah! Pasalnya, komik ini beda dari komik lainnya. Yup, Clover karya Pionicon merupakan komik yang diambil dari kumpulan cerita Wattpad yang sudah diterbitkan oleh Bukune, yakni King Bullying vs Queen Rescue, Bad Boy for Little Girl, dan Rolandara yang ditulis oleh Intan ZS.

Pastinya, tidak mudah untuk menyatukan berbagai karakter novel ke dalam sebuah komik. Tapi, melalui Clover semuanya jadi terlihat sempurna. Hal itu diungkapkan oleh Clara Amanda, penulis King Bullying vs Queen Rescue.

Menurut Clara, ia sangat menyukai penggambaran karakter Ashley dan Ricky dalam Clover. “Karakternya terasa semakin nyata dan hidup, jadi nggak perlu ngebayangin masing-masing karakternya,” kata Clara.

Serupa dengan yang diungkapkan Clara, menurut Ciinderella Sarif—penulis Bad Boy for Little Girl—karakter-karakter novelnya dalam Clover luar biasa keren dan rapi. “Aku suka, bahkan orang-orang terdekat aku pun suka. Malah lebih keren daripada imajinasiku sendiri,” katanya.

Mengubah cerita novel menjadi komik

Selain karakter, tentunya hal lain yang menjadi daya tarik tersendiri dari Clover adalah mengubah cerita novel menjadi komik. Tentunya, akan ada perbedaan jika dibandingkan antara novel dan komik. Tapi, terlepas dari semua itu, baik Clara maupun Ciinderella sepakat bahwa mengubah cerita novel menjadi komik merupakan sesuatu yang bagus.

“Mengubah novel menjadi komik adalah sesuatu yang tak mudah, tapi ini adalah suatu hal yang unik banget, dan jarang banget dilakukan,” begitu ungkap Ciinderella.

Lantas, adakah perbedaan yang cukup berarti antara novel dengan komiknya?

Menurut Clara, perbedaan itu ada. Namun, tidak terlalu banyak. “Hanya terletak di beberapa adegan yang disingkat dan sedikit mengubah masa lalu Ashley,” katanya.

Sedangkan, Ciinderella mengaku perbedaannya itu terdapat di beberapa bagian dan di bagian ending-nya. “Pastinya, lebih bagus. Dhirga bukan seperti Dhirga yang ada di novelnya. I mean, di versi komik, Dhirga lebih dewasa, and I like it,” katanya.

Tantangan yang dihadapi

Memang bukan perkara mudah mengubah cerita novel menjadi komik. Alih-alih merasa kesulitan, hal ini justru menjadi tantangan tersendiri.

Menurut Clara, tantangannya adalah saat ia harus memilih bagian mana yang penting dan menarik, mempersingkat ceritanya dan mengubah sedikit jalan cerita, dan menerangkan beberapa tokoh yang memang cukup banyak di cerita ini.

Menarik kan? Pastinya, semua perubahan itu sepadan dong dengan hasil yang tertuang dalam Clover? Nah, bagi kamu yang belum baca, jangan mau ketinggalan. Kapan lagi bisa menikmati tiga cerita novel Wattpad dengan berbagai karakter dalam satu komik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>